Kamis, 12 Desember 2013

MEMBACA INTENSIF

Di Poskan Oleh Viktor Risman Zega


1.      Pengertian
Membaca intensif merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang untuk membaca secara cermat untuk memahami suatu teks secara cepat dan akurat. Kemampuan membaca intensif adalah kemampuan memahami detail secara akurat, lengkap dan kritis terhadap fakta, konsep, gagasan, pendapat, pengalaman, pesan dan perasaan yang ada pada wacana tulis. Dalam membaca, para pembaca hanya membaca satu atau beberapa pilihan dari bahan bacaan yang ada dan bertujuan untuk menumbuhkan serta mengasah kemampuan membaca secara kritis. Kegiatan membaca seperti ini biasanya dilakukan bila pembaca mempunyai maksud meneliti, memahami, menganalisis, atau memberikan kritikan dan kesimpulan terhadap isi teks tersebut. Dalam membaca intensif yang diutamakan bukanlah hakikat keterampilan -keterampilan yang tampak atau hal-hal yang menarik perhatian, melainkan hasil-hasilnya; dalam hal ini suatu pengertian, suatu pemahaman yang mendalam serta terperinci terhadap teks yang dibaca.
Kemampuan membaca intensif adalah kemampuan memahami detail secara akurat, lengkap, dan kritis terhadap fakta, konsep, gagasan, pendapat, pengalaman, pesan, dan perasaan yang ada pada wacana tulis. Membaca intensif sering diidentikkan dengan teknik membaca untuk belajar. Dengan keterampilan membaca intensif pembaca dapat memahami baik pada tingkatan lateral, interpretatif, kritis, dan evaluatif. Aspek kognitif yang dikembangkan dengan berbagai teknik membaca intensif tersebut adalah kemampuan membaca secara komprehensif.
Membaca komprehensif merupakan proses memahami paparan dalam bacaan dan menghubungkan gambaran makna dalam bacaan dengan skema pembaca guna memahami informasi dalam bacaan secara menyeluruh. Kemampuan membaca intensif mencakup:
a)  Pemahaman inferensial artinya kegiatan membaca yang dilakukan dengan tujuan untuk    mengambil kesimpulan dalam sebuah bacaan,
(b)   Pemahaman kritis artinya kegiatan membaca yang dilakukan secara bijaksan, mendalam,       evaluatif dengan tujuan untuk menemukan keseluruhan bahan bacaan, dan
(c)  Pemahaman kreatif adalah kegiatan membaca yang tidak hanya sekedar menangkap makna tersurat, makna antar baris, tetapi juga mampu secra kreatif menerapkan hasil membaca untuk kehidupan sehari-hari.

2.      Tujuan Membaca Intensif
Tujuan membaca intensif adalah untuk mengembangkan keterampilan membaca secara        detail dengan menekankan pada pemahaman kata, kalimat, pengembangan kosakata dan juga pemahaman keseluruhan isi wacana.

3.      Karakteristik Membaca Intensif
Karakteristik membaca intensif mencakup:
a.      Membaca untuk mencapai tingkat pemahaman yang tinggi dan dapat mengingat dalam waktu yang lama.
b.         Membaca secara detail untuk mendapatkan pemahaman dari seluruh bagian teks
c.      Cara membaca sebagai dasar untuk belajar memahami secara baik dan mengingat lebih lama.
d.    Membaca intensif bukan menggunakan cara membaca tunggal (menggunakan berbagai     variasi teknik membaca seperti scanning, skimming, membaca komprehensif, dan teknik lain).
e.       Tujuan membaca intensif adalah pengembangan keterampilan membaca secara detail dengan menekankan pada pemahaman kata, kalimat, pengembangan kosakata, dan juga pemahaman keseluruhan isi wacana.
f.       Kegiatan dalam membaca intensif melatih siswa membaca kalimat-kalimat dalam teks secara cermat dan penuh konsentrasi. Kecermatan tersebut juga dalam upaya menemukan kesalahan struktur, penggunaan kosakata, dan penggunaan ejaan/tanda baca.
g.       Kegiatan dalam membaca intensif melatih siswa untuk berpikir kritis dan kreatif.

3 komentar: